Selasa, 22 Mei 2012

sepotong dialog


Allah Ada Di mana?
Suatu ketika saat anak saya berumur sekitar 6 tahun bertanya kepada saya.
“Ibu, Allah itu ada di mana? Di langit atau di masjid?”
Saya tersenyum meskipun agak kaget juga mendapat pertanyaan seperti itu.
“Kenapa kamu bertanya seperti itu, Le?” balas saya bertanya.
Dengan argumen yang sederhana dia berkata, “ Kalau Allah ada di langit kenapa kita harus selalu sholat di masjid?  Kalau Allah ada di masjid kenapa setiap berdoa ibu menengadahkan tangan ke  langit?”
“Allah ada di langit Le, Dia mengawasi kita semua, dan masjid adalah tempat yang dicintai Allah,” jawab saya ketika itu.
                Saat itu tanpa sadar sebenarnya sayatelah  menanamkan doktrin pada anak bahwa Allah berada di suatu tempat yang tinggi ,yang begitu jauh dari manusia  namun selalu mengawasi setiap perbuatan manusia.
Memang apa yang saya lakukan saat itu salah,namun bagaimana saya harus menerangkan pada anak sekecil itu bahwa Allah tidak jauh dari kita? Allah begitu dekat dengan kita, bahkan lebih dekat daripada urat leher kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar